Thursday, June 15, 2017

Tips Sehat Menjalankan Puasa untuk Orang-orang tipe Vegan

Menjadi vegan atau vagetarian bukan menjadi salah satu halangan Kamu untuk tetap menjalankan ibadah puasa. Kamu mungkin justru mempunyai keunggulan yang lebih daripada mereka yang pemakan daging. Terbiasa mengonsumsi tak sedikit makanan berserat setiap hari membikin Kamu terbiasa merasa kenyang lebih lama, jadi mungkin Kamu lebih mudah menjalankan ibadah puasa. Tetapi begitu, tetap perhatikan asupan makanan Anda, jangan hingga tak lebih dari kebutuhan Anda. Simak trik puasa untuk vegan berikut ini.



  • Panduan makan sehat saat puasa untuk vegan


Sebetulnya, puasa untuk vegan tak tidak sama jauh dengan kebiasaan makan sehari-hari. Hanya saja, waktu makannya yang sedikit tak sama. Waktu sarapan  yang diganti dengan waktu sahur dan waktu makan siang dan makan malam diganti dengan waktu buka puasa.

Pada saat puasa, Kamu yang vegan sebaiknya lebih tak sedikit mengonsumsi makanan. Ini penting untuk mencukupi kebutuhan kalori yang tubuh Kamu butuhkan dan demi kelancaran ibadah puasa Kamu juga. Makanan yang wajib Kamu konsumsi saat sahur dan buka puasa adalah:

Makanan sumber karbohidrat, semacam nasi, mie, kentang, roti, dan pasta. Penting Kamu konsumsi sebagai energi mutlak bagi tubuh. Karbohidrat lumayan tak sedikit menyumbang energi untuk Anda, jadi Kamu tak ketidak lebihan energi saat berpuasa. Lebih baik lagi apabila Kamu mengonsumsi karbohidrat kompleks, semacam nasi merah, roti gandum, dan oat. Karbohidrat rumit mengandung serat lumayan tinggi yang bisa menolong mempertahankan energi dan kenyang lebih lama.
Makanan sumber protein nabati, semacam tahu, tempe, kacang tanah, kacang kedelai, susu kacang kedelai, edamame, tofu, oncom, dan lainnya. Mesikipun vegan tak mengonsumsi makanan sumber protein hewani, tetapi kebutuhan protein yang tinggi tetap bisa dicukupi dengan mengonsumsi makanan sumber protein nabati yang sangat beragam.
Sayuran dan buah-buahan. Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dari sayuran dan buah-buahan mungkin adalah faktor yang mudah bagi vegan. Setiap harinya, Kamu disarankan untuk mengonsumsi setidaknya lima porsi sayuran dan buah-buahan dalam beberapa jenis. Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi tubuh dan untuk kelancaran puasa Anda.

Penting bagi Kamu untuk memilih makanan dengan kalori tinggi saat puasa. Ingat, waktu makan Kamu saat puasa dibatasi, jadi supaya Kamu bisa mencukupi kebutuhan kalori Kamu per hari, Kamu wajib pintar-pintar memilih makanan yang Kamu konsumsi.

Umpama, pilih buah-buah dan sayur dengan kalori lumayan tinggi untuk dikonsumsi, semacam alpukat, mangga, pir, apel, melon, bayam merah, daun pepaya, daun singkong, dan lainnya. Tambahkan minyak zaitun pada salad Anda, masak tahu alias tempe dengan tutorial digoreng, dan lainnya.


  • Penuhi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka


Anda disarankan untuk minum setidak sedikit 8 gelas per hari alias lebih untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda. Ketidak lebihan cairan selagi puasa bisa mengganggu puasa Anda, membikin lemas, dan bahkan bisa berujung pada dehidrasi.

Sebaiknya juga batasi konsumsi minuman berkafein, semacam kopi, teh, dan minuman bersoda. Minuman tersebut bisa mendorong Kamu lebih tak sedikit kehilangan cairan tubuh, jadi lebih berisiko mengalami dehidrasi saat puasa.


  • Perhatikan asupan vitamin dan mineral penting


Sebab tak semua makanan bisa dikonsumsi oleh vegan, maka vegan lebih berisiko untuk mengalami ketidak lebihan zat gizi tertentu. Beberapa nutrisi yang penting untuk diperhatikan asupannya oleh vegan adalah:

Kalsium. Ini bisa didapatkan dari nasi, tofu, brokoli, biji wijen, kismis, dan makanan yang diperkaya kalsium lain
Zat besi, yang diperoleh dari sayuran berdaun hijau (bayam, brokoli, kale), buah kering, sereal yang diperkaya zat besi, dan roti
Vitamin B12, yang tak sedikit terkandung dalam tempe alias juga bisa diperoleh dari makanan yang diperkaya vitamin B12

Artikel Terkait