Friday, June 16, 2017

Tips dan Trik Mencegah Berat Badan Naik Saat Puasa

Puasa sebetulnya bisa menjadi waktu yang cocok bagi Kamu untuk menurunkan berat badan. Tetapi, tidak sedikit orang yang justru mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Mesikipun waktu makan saat puasa hanya dua kali, yaitu saat buka puasa serta sahur, tetapi porsi makan yang tidak sedikit saat puasa bisa membikin berat badan naik saat puasa. Lalu, bagaimana tutorial mencegah supaya berat badan tidak naik saat puasa?


  • Mencegah berat badan naik saat puasa


Tips dan Trik Mencegah Berat Badan Naik Saat Puasa
Berat badan naik bisa terjadi apabila kalori yang masuk ke tubuh Kamu dari makanan lebih besar dibandingkan kalori yang Kamu pakai saat meperbuat aktivitas. Sehingga, untuk mencegah kenaikan berat badan saat puasa, yang wajib Kamu perhatikan merupakan pola makan serta aktivitas fisik.


  • Aturan pola makan saat sahur serta berbuka


Seusai berpuasa seharian, tidak lebih lebih selagi 13 jam, waktu buka puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu. Biasanya anda telah menyiapkan daftar menu yang ingin makan apa saja saat berbuka, dimulai dengan minuman manis, tidak ketinggalan gorengan, serta beberapa menu lainnya yang Kamu suka. Ini mungkin bisa dibilang sebagai “pembalasan” seusai Kamu menahan lapar seharian.

Dengan pola makan tersebut setiap hari saat berbuka puasa, pasti faktor ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Minuman manis tanpa Kamu sadari bisa menyumbang kalori berlebih apabila diminum dalam jumlah berlebihan, belum lagi gorengan yang Kamu makan memiliki tidak sedikit kalori, serta dilanjutkan dengan makan makanan mutlak dengan porsi besar. Bayangkan berapa tidak sedikit kalori yang masuk ke tubuh Kamu pada saat berbuka puasa ini?

Untuk mencegah berat badan, sebaiknya Kamu tetap mengontrol asupan makan saat berbuka puasa serta sahur. Jangan makan berlebihan, makanlah sesuai keperluan Anda.

Beberapa faktor yang bisa Kamu perbuat saat buka serta sahur untuk mencegah berat badan naik saat puasa merupakan:

Berbuka dengan yang manis terbukti dianjurkan supaya bisa dengan cepat mengganti energi Kamu yang hilang saat puasa, tetapi jangan hingga jumlahnya berlebihan.
Tidak lebihi konsumsi gorengan alias makanan yang digoreng. Makan gorengan saat buka puasa terbukti nikmat, tetapi kalori yang disumbangkan ke tubuh Kamu dari gorengan sangat tidak sedikit.
Konsumsi makanan sumber karbohidrat, semacam nasi serta mie, saat buka serta sahur. Lebih baik lagi apabila Kamu mengonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks. Karbohidrat rumit mengandung lebih tidak sedikit serat yang bisa menolong Kamu mempertahankan energi serta kenyang lebih lama, jadi mencegah Kamu dari makan berlebih.
Konsumsi makanan sumber protein, semacam ayam, ikan, daging, serta telur. Bakal lebih baik apabila dimasak dengan tutorial dikukus, direbus, alias dipanggang, jadi tidak meningkatkan lebih tidak sedikit kalori pada makanan. Protein juga bisa menolong Kamu merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi makanan sumber vitamin serta mineral. Bisa Kamu bisakan dari sayuran serta buah-buahan. Kamu disarankan untuk mengonsumsi sayuran serta buah-buahan setidaknya 5 porsi saat buka puasa serta sahur. Ini bisa menolong Kamu mencukupi keperluan vitamin, mineral, serta serat dalam sehari.

Cukupi keperluan cairan Anda, setidaknya 8 gelas per hari, untuk mencegah dehidrasi saat puasa. Minuman yang terbaik Kamu konsumsi merupakan air putih.

Batasi konsumsi minuman manis, semacam teh manis, minuman manis dalam kemasan, serta sirup. Tanpa Kamu sadari, minuman ini bisa menyumbang kalori berlebih ke dalam tubuh Anda.

Batasi juga minuman berkafein, semacam teh, kopi, serta minuman bersoda. Minuman ini bisa mendorong tubuh Kamu kehilangan cairan lebih tidak sedikit, jadi meningkatkan risiko dehidrasi.
Seusai makan saat buka serta sahur, sebaiknya jangan langsung tidur. Beri waktu pada tubuh Kamu untuk mencerna semua makanan yang Kamu konsumsi. Langsung tidur seusai makan justru bisa membikin berat badan naik serta tidur Kamu tidak lebih nyenyak.


  • Aktivitas fisik


Selain Kamu wajib mengontrol asupan makan, meperbuat gaya nasib yang aktif juga bisa menolong Kamu mempertahankan berat badan. Puasa bukan menjadi penghalang Kamu untuk meperbuat beberapa aktivitas. Kamu tetap bisa meperbuat olahraga saat puasa, seusai sahur alias sebelum berbuka puasa. Ini bisa menolong Kamu untuk tetap bugar serta menolong mempertahankan berat badan.

Artikel Terkait