Monday, June 19, 2017

Review LG G6: Flagship Perdana 2017

LG G6 tercatat sebagai device flagship perdana dari LG yang lahir di tahun 2017. Ya, LG sukses mencuri start persaingan device kasta paling atas walau wajib kehilangan peluang memakai chipset Snapdragon 835.

Review LG G6: Flagship Perdana 2017

Kami pun sebetulnya telah menjelaskannya sejak April lalu dalam format video. Tetapi baru kini kami menjelaskan dalam bentuk postingan. Walau sedikit terlambat, tapi peristiwa ini terasa sangat pas sebab LG G6 baru saja turun harga dari Rp10 juta ke Rp9 juta dan saat ini hanya Rp8 juta.


  • Kelebihan


Pionir layar Full Vision. Walau saat ini kalah pamor dari Galaxy S8, tetap saja LG tercatat sebagai pionir pencipta device layar lega berbodi compact. LG G6 punya layar 5,7 inci dalam dimensi bodi 5,2 inci. Bodinya sendiri ramping dan memanjang jadi lebih asyik untuk dikantongi.

Standar militer. Tampilan LG G6 boleh jadi kalah ciamik dari Galaxy S8. Tapi urusan daya tahan, device ini sedikit lebih unggul. Sama halnya V20, LG G6 juga mengangkat sertifikasi standar militer (drop test). Jadi apabila sewaktu-waktu tidak sengaja terjatuh, setidaknya komponen di dalamnya tetap dapat bermanfaat dengan normal.

Selain itu, G6 juga menjadi device pertama LG yang telah dibekali sertifikat IP68 tahan air dan debu. Tetapi sekadar informasi, kami tidak dapat seenaknya mengangkat G6 berenang sebab LG tidak meng-cover kerusakan dikarenakan air yang disengaja.

Layar super. Ya, lagi-lagi kami bicara soal layar yang menjadi salah satu kelebihan LG G6. Di samping dimensinya yang luas, layar milik G6 merupakan salah satu yang paling baik di kelas device. Resolusinya mencapai 2.880 x 1.440 piksel, dilapis Gorilla Glass 3, sangat cerah, dan telah mendukung HDR10 (Dolby Vision).

Masih terasa kencang. Sebab ingin mencuri start, LG wajib rela melepas peluang mencicipi chipset Snapdragon 835. Walau begitu, chipset Snapdragon 821 yang dipakainya tetap sangat superior untuk saat ini dan bahkan sampai tahun depan.

Bersama GPU Adreno 530, RAM 4 GB, dan storage 32 alias 64 GB, LG G6 sukses menorehkan skor kurang lebih 130 ribu poin pada benchmark AnTuTu. Yang jelas sangat susah mencari game yang akan berlangsung lag pada device ini.

DAC HiFi. Fitur audio DAC telah begitu identik dengan device flagship LG. Pernah hadir pada LG V20, DAC HiFi saat ini kembali nongol pada LG G6 yang dipasarkan di Indonesia. Fitur ini akan melambungkan kemampuan audio saat memakai headset. Ya, fitur ini akan memanjakan telinga kita, khususnya saat mendengarkan musik audiophile.

Kamera paling baik. Bagi kami, kamera merupakan faktor yang paling menonjol dari LG G6. Device ini punya dua kamera kembar 13 MP, satu dengan angle normal, OIS, PDAF, dan f/1.8, satu lagi denhan wide angle dan aperture f/2.4. Jujur saja, nilai kamera utamanya sangat hebat sebab sanggup hasilkan gambar bersih hampir di segala keadaan.

Pilihan mode yang disediakan pun lengkap. Tetapi yang paling hebat pasti saja merupakan mode manual dengan alternatif pengaturan super lengkap, bahkan yang terlengkap yang dimiliki device. Tidak hanya jago motret, kamera mutlak LG G6 juga jadi yang paling baik untuk perekaman video di platform Android. Hasil rekamannya sangat smooth.


  • Kekurangan Device


Kamera selfie di bawah standar. Bertolak belakang dengan kamera utamanya, kamera depan 5 MP milik G6 lebih kurang baik dari nilai kamera selfie device flagship 2017. Saat cahaya berlimpah hasilnya terbukti lumayan oke. Tapi saat di dalam kamar, hasil jepretannya tidak sedikit noise yang artinya lumayan mengecewakan.

Harga terjun penuh. Penurunan harga pasti jadi faktor yang membahagiakan bagi kami selaku konsumen. Tapi kalau kelewat tidak jarang, justru dapat menjadi tanda tanya. Dengan harga jual yang selalu turun, pastinya kami akan repot dan mengalami kemenyesalan nominal yang lumayan tinggi ketika hendak menjualnya untuk berganti device.


  • Kesimpulan


LG G6 merupakan device flagship dengan chipset yang tertinggal. Ketika pesaingnya rama-ramai memakai Snapdragon 835, LG G6 tetap stay cool dengan Snapdragon 821. Dan terbukti kemampuannya tetap terasa cepat. Tidak hanya itu,  ada juga beberapa tambahan seperti layar Full Vision, dimensi compact, bodi standar militer, dan kamera paling baik di kelasnya merupakan jawaban mengapa LG G6 tetap pantas diburu saat ini.

Artikel Terkait