Wednesday, May 24, 2017

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

kacang hijau artinya jenis kacang-kacangan yang kaya akan protein nabati yang cukup tinggi. selain zat protein, pemilik nama latin phaseolus aureus ini juga mempunyai kandungan gizi lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, antara lain lemak, karbohidrat, vitamin b1 dan b2, protein, serat dll. tentu saja kacang bernutrisi ini sangat mengagumkan untuk kita konsumsi sehari-hari, apalagi bagi ibu hamil. nah, sesuai dengan judul di atas, kali ini kita akan membahas wacana manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan kesehatan pada umumnya. bagi anda para ibu hamil yang sudah bosan dengan makanan itu-itu saja, maka kacang hijau dapat menjadi alternatif yang sempurna dan menyehatkan. selain dapat dikonsumsi dalam bentuk kecambah, anda juga dapat memakannya dalam bentuk bubur.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

wanita hamil sudah sempurna diwajibkan untuk menunjukkan asupan gizi yang baik dan banyak pada si kecil karena selama mengandung, kebuyang kuasa nutrisi semakin bertambah seiring semakin dekatnya mcita-cita kelahiran, dan salah satu cara memenuhi kebuyang kuasa gizi ini artinya dengan memakan kacang hijau yang banyak manfaatnya. apalagi kacang-kacangan berwarna hijau ini juga sangat gampang kita temui di indonesia yang beriklim tropis. tak perlu bcita-cita-basi lagi, pribadi kita simak apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil berikut ini.


  • manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

selama bayi masih berada di dalam perut ibu, maka selama itu pula ia memperoleh semua asupan dari ibunya. oleh karena itu, maka seorang ibu harus pandai-pandai memilih jenis makanan yang mengagumkan untuk perkembangan janin. apalagi, di mcita-cita-mcita-cita awal kandungan yang masih sangat rentan. beruntung, kacang hijau mempunyai beragam zat baik untuk ibu dan si kecil, mirip dalam penterangan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil di bawah ini.


  • cita-citam folat

cita-citam folat berguna untuk mengurangi resiko cacat pada otak dan tulang belakang bayi, membantu proses penceranaan protein, dan menekan resiko penyakit jantung. ia juga bermanfaat untuk membantu proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah. ditambah, ia juga mensugesti kecerdcita-citan janin. singkatnya, cita-citam folat merupakan zat gizi yang wajib untuk ibu hamil hingga menyusui kelak.


  • protein

kandungan protein dalam kacang hijau cukup tinggi, yaitu seperempat dari total zat gizi yang ada. protein memiliki faedah yang hampir sama dengan cita-citam folat, yaitu menurunkan resiko cacat pada bayi. selain itu, protein juga sangat diharapkan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan sel-sel di dalam tubuh. oleh karena itu, ibu-ibu yang baru saja melahirkan pun dianjurkan banyak-banyak mengkonsumsi kacang hijau. alcita-citannya, agar jaringan yang rusak hasil proses persalinan dapat segera diperbaiki dan sembuh. laporan lain juga menyebutkan kandungan protein yang tinggi ini juga membantu pertumbuhan rambut si kecil. nah, bagi anda yang menginginkan agar si buah hati mempunyai rambut yang lebat dan sehat, maka kacang hijau artinya jawaban yang sempurna.


  • karbohidrat

karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga di mana tubuh akan mengolah zat pati yang ada di dalamnya menjadi glukosa untuk membakar energi. mirip yang kita tahu, ibu hamil membutuhkan tenaga yang jauh lebih besar daripada bicita-citanya karena ada si kecil yang juga membutuhkan energi. sebba inilah, maka kebuyang kuasa akan zat karbohidrat pun turut bertambah. jadi, mengkonsumsi kacang hijau setiap hari akan membantu menjaga stamina anda. setiap 100 gram kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat sebesar 62,90 gram, sementara jikalau dalam bentuk kecambah/toge hanya 4,1 gram. tak hanya itu, kacang hijau juga menjadi makanan yang baik bagi penderita diabetes karena ia memiliki kandungan gula yang rendah.


  • lemak

layaknya karbohidrat, lemak juga merupakan sumber energi bagi tubuh ibu hamil. bicita-citanya, kadar lemak dalam darah wanita hamil akan cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya level hormon esterogen. Terdapat 1,2 gram lemak per 100 gram kacang hijau, sementara dalam toge hanya 0,2 gram per 100 gram. lemak itu sendiri terdiri dari cita-citam lemak tak jenuh (73%) dan cita-citam lemak jenuh (27%). nah, kandungan cita-citam lemak tak jenuh inilah yang dapat menekan kolesterol jahat. ia juga membantu memproduksi neuron, dendrit, dan akson, yang berdampak pada kecerdcita-citan dan kesehatan syaraf janin.


  • serat

jikalau anda mengalami gejala sembelit selama menyusui, maka itu berarti tubuh anda kekurangan serat. zat ini berfaedah untuk merawat usus besar dengan cara melindungi selaput lendir dan mengikat bahan berbahaya penyakit kmenyeramkan serta sebagai pencahar/pelancar pencernaan. serat juga terbukti memiliki kegunaan menekan kadar kolesterol.


  • vitamin b1 dan b2

kedua vitamin ini membantu tubuh untuk menyerap protein dan membantu fungsi serat sebagai pelancar proses pencernaan. secara lebih spesifik, vitamin b1 membantu menambah nafsu makan, meningkatkan sistem syaraf, sebagai sumber energi dan membantu pertumbuhan, sementara vitamin b2 membantu tubuh untuk menyerap protein. itulah alcita-citannya artinyanya ibu-ibu yang kekurangan dua vitamin ini tak jarang sekali mengalami gejala sembelit.

Berikut beberapa manfaat kacang hijau :


  • disentri


kacang hijau di buat bubur. sajikalaun dengan 2 butir telur ayam yang di pindang dan air hangat sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.
peluru kencing
30 gram kacang hijau dan 30 gram daun sendok makan di rebus dengan air 400cc. sebaiknya menggunakan periuk tanah untuk merebus, sesudah dingin tambahkan madu secukupnya. minum ramuan ini secara teratur hingga kencing tidak tersendat lagi.


  • rambut rontok


rebus kacang hijau dalam 1 gelas air, perhatikan dikala merebus kacang jangan hingga pecah. segera angkat kacang bila sudah terlihat agak matang agar kacang tidak pecah(hancur). setelah dingin air rebusan kacang hijau ini di gunakan untuk membcita-citahi kulit kepala sambil di pijat pijat, membisukan hingga kering lalu simpansemas.


  • biang keringat


bisanya tak jarang di alami oleh balita, balita yang terkena biang keringat tak jarang rewel karena gatal. untuk mengatasinya, rebus 60 gr kacang hijau yang sudah di bubukkan bersama dengan 50 gr tanaman krokot dalam air secukupnya. setelah matang saring dan minumkan sebanyak 3 kali sehari.


  • demam pada bayi


menurut sebuah penelitian kacang hijau merupakan penurun demam terbaik bila di bandingkan dengan ramuan tradisional lainya. caranya dengan menunjukkan 1 gelas air rebusan kacang hijau di campur dengan 1 sendok makan madu pada bayi.


  • Bisul di tubuh


untuk mengobati penyakit bisul yang belum pecah, rebus 50 gr kacang merah kecil, 50 gr kacang hijau, 50 gr kacang hitam, 2 ruas jahe. semua bahan direbus kecuali jahe, jahe direbus tersendiri dan air rebusan jahe di campurkan dengan air rebusan kacang -kacangan. minum ramuan ini secara teratur, dan untuk bisul yang sudah matang(mau pecah) ramuan di tambahkan dengan madu.

itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan kesehatan tubuh yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sebagai obat tradisional alami.

Artikel Terkait