Monday, April 24, 2017

Pengertian Sertifikasi Tahan Air IP67 dan IP68 Pada Smartphone

Pengertian Sertifikasi Tahan Air IP67 dan IP68 Pada Smartphone,Hampir semua device flagship tahun 2017 semacam Sony Xperia XZ Premium, Apple iPhone 7, Samsung Galaxy S8, serta LG G6 menyematkan fitur tahan air serta debu bersertifikasi IP67 atau IP68. Meski tidak jarang mendengar istilah ini, nyatanya tetap tidak sedikit orang yang belum mengerti maksud serta perbedaan dari keduanya. Bagi Kamu yang belum paham betul, kami bakal membahas arti serta perbedaan IP67 serta IP68 pada ulasan berikut ini.


Apa maksud dari IP68 serta IP67?
IP67 atau IP68 terdiri dari tiga kode, yakni IP, lalu dikuti kode angka 6 serta diakhiri kode angka 7 atau pun 8. IP merupakan singkatan dari International Protection atau perlindungan internasional. Standar sertifikasi ini disusun serta dibangun oleh International Electrotechnical Commission (IEC).

Selanjutnya angka 6 dipakai sebagai penanda bahwa device tersebut tahan kepada debu, pasir atau pertikel sejenisnya. Terbaru ada kode angka 7 atau 8. Angka 7 dipakai sebagai indikator bahwa device tersebut tahan kepada serangan air serta sanggup menyelam di kedalaman 1 meter selagi 30 menit.

Sementara angka 8 dipakai sebagai indikator bahwa device tahan kepada serangan air serta bisa menyelam di kedalaman 1,5 – 2 meter selagi 30 menit. Jadi perbedaan IP67 serta IP68 hanya terletak pada jarak kedalaman air saja.

Secara teori, ketika device bersertifikasi IP68 serta IP67 terendam di kedalaman 1 meter selagi 30 menit, device bakal bersi kukuh serta tidak bakal terjadi kerusakan permanen. Atau bahkan untuk hal-hal ceroboh semacam menjatuhkan device ke toilet, bak mandi, atau wastafel, device bersertifasi IP68 serta IP67 bakal aman-aman saja.

Bolehkah memakai di dalam air?
Sebenarnya persoalan ini tetap sedikit ambigu. Tetapi, semacam yang dikutip oleh Trusted Reviews, device dengan IP67 serta IP68 belum pasti sanggup bersi kukuh saat diajak menyelam. Sebab kami tidak tahu pasti tekanan air serta jarak kedalaman air saat asyik menyelam. Tidak hanya itu, tes sertfikasi IP diperbuat ketika device dalam mode standby atau tidak dioperasikan sama sekali.

“Ingat untuk tidak memakai device di bawah air. Rating IP device Kamu dicapai saat device dalam mode standby, jadi Kamu tidak dianjurkan mengoperasikan device di bawah air, semacam mengambil gambar,” ungkap International Electrotechnical Commission.

Selain itu kolam atau laut mengandung tidak sedikit sekali zat-zat yang bisa menyerang sistem device semacam air kencing, air 
ludah, sampai zat garam.

Jadi, mungkin untuk sesekali atau dua kali device bakal bersi kukuh, tetapi untuk percobaan berikutnya, bisa saja device bakal mengalami persoalan. Apabila Kamu ingin me gambil gambar di dalam air, betapa lebih baik memakai action cam dengan casing waterproof.

Artikel Terkait