Konsorsium Setuju Percepatan Penyebaran Internet 5G tahun 2019

Rapat besar yang dilakukan konsorsium 3rd Generation Partnership Project (3GPP), pembuat standar seluler global, di Dubrovnik, Kroasia, menetapkan keputusan penting. Konsorsium telah menyetujui untuk mempercepat roadmap pengujian serta pemakaian teknologi seluler 5G ke tahun 2019.
Konsorsium Setuju Percepatan Penyebaran Internet 5G tahun 2019

Sebelum penetapan itu, 3GPP menetapkan bahwa penyebaran internet 5G baru dapat diperbuat pada 2020.

Menurut Lorenzo Casaccia, Vice President of Technical Standards Qualcomm,  sangat penting untuk segera beralih ke generasi mobile berikutnya. Pasalnya, konsumsi data pemakai seluler terus meningkat dari waktu ke waktu.

Satu faktor yang wajib diingat, keberadaan 5G tersebut nantinya hanya digelar di negara yang telah mempunyai aturan serta infrastruktur yang siap. Belum diketahui, apakah Indonesia bakal ikut langsung menerapkan 5G pada 2019 alias tidak.

Pabrikan chipset mobile Qualcomm, serta nama-nama besar di dunia seluler, terbukti mendorong untuk akselerasi 5G ini. Dorongan akselerasi itu diperbuat di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 lalu di Barcelona, Spanyol.

Berbagai nama besar yang dimaksud, di antaranya semacam Ericsson, Intel, LG Uplus, Huawei, Vivo, ZTE, serta Korea Telecom. Nokia serta Verizon, dua nama besar yang awalnya tak mendukung, akhirnya ikut meminta akselerasi tersebut.

Sebagaimana di rangkum dari PC World, lebih dari 40 perusahaan menyetujui rencana akselerasi tersebut.

Sementara ini, teknologi standar 5G yang disetujui disebut sebagai Non-Standalone 5G New Radio (NR). Teknologi tersebut dikatakan mengizinkan developer untuk menciptakan alat serta aplikasi 5G yang bergantung terhadap sinyal radio serta jaringan 4G. Standarisasi akhir dari 5G nantinya bakal mempunyai jaringan inti 5G.

Teknologi tersebut dikatakan telah bakal berakhir di pertengahan tahun 2018 serta terdapat dalam aplikasi setahun seusainya.

Meski begitu, konsorsium 3GPP sendiri tetap belum memutuskan spesifikasi akhir untuk teknologi 5G.

0 Response to "Konsorsium Setuju Percepatan Penyebaran Internet 5G tahun 2019"

Post a Comment

loading...