Trik Mengoptimasi Blog/ Situs Untuk Pemain Google Adsense Pemula

Ketika kami bicara mengenai optimasi blog, maka ini tidak hanya mengenai SEO (search engine optimization). Optimasi blog/ website itu tidak sedikit sekali, tergolong diantaranya adalah optimasi layout blog/ website, optimasi judul supaya luar biasa, optimasi penempatan iklan, serta optimasi lainnya.
Trik Mengoptimasi Blog/ Situs Untuk Pemain Google Adsense Pemula

Nah, di postingan ini saya ingin mengulas mengenai beberapa trik untuk mengoptimasi blog kaitannya untuk meningkatkan pendapatan dari Google Adsense. Trik ini saya rangkum dari beberapa sumber, serta telah saya praktekkan pada beberapa blog yang saya kelola. Hasilnya lumayan bervariasi, tetapi dengan cara keseluruhan optimasi ini terbukti bisa meningkatkan penghasilan dari Google Adsense.

Berikut ini adalah 8 trik mengoptimasi blog untuk pemain Google Adsense pemula:

1. Memilih Niche Untuk Blog

Ini adalah satu dari sekian tidak sedikit faktor yang mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam bermain Google Adsense. Niche (cerug) sebuah blog, tidak hanya berpengaruh pada besarnya CPC (cost per click) juga berpengaruh pada besarnya potensi trafik yang bakal masuk ke sebuah blog/ website. Serta pada akhirnya, bakal sangat berpengaruh pada besarnya earning yang kami bisakan dari Google Adsense.

Ada orang yang menyarankan untuk memilih niche yang sesuai dengan ketertarikan serta kemampuan, serta ada juga yang menyarankan untuk memilih niche yang tidak sedikit dicari di internet. Kedua pendapat itu ada benarnya.

Tapi menurut saya, apabila ingin memperoleh tidak sedikit uang dari Google Adsense, langkah paling baik adalah memilih niche yang Kamu sukai serta tidak berhubungan dengan topik blogging serta make money online.

Kenapa?

Sebab visitor blog yang datang dari niche ini (blogging serta make money online) biasanya mereka yang punya kesadaran tinggi mengenai keberadaan iklan Adsense di dalam sebuah blog/ website. Serta kemungkinan besar klik iklan (CTR) di blog/ website Kamu bakal sangat kecil, jadi penghasilan Kamu tidak maksimal.

Bagaimana apabila saya tetap ingin membidik visitor di niche blogging & make money online, tapi juga ingin meningkatkan penghasilan dari Google Adsese di blog tersebut?

Langkah yang bisa kami perbuat adalah sedikit memperlebar topik blog/ website yang dibangun. Kamu bisa membidik topik mengenai bisnis umum, umpama bisnis waralaba, bisnis rumahan, serta lain-lain yang tetap berhubungan dengan topik bisnis. Alias bisa juga mengulas mengenai orang-orang terkenal di dunia bisnis, baik bisnis online ataupun bisnis online.

Pengunjung dari topik ini (bisnis umum) biasanya adalah kalangan pemula yang ingin belajar mengawali bisnis, entah itu bisnis offline ataupun bisnis online. Serta sebagian besar dari mereka tidak begitu menyadari mengenai iklan Adsense yang ada di sebuah blog/ website, jadi kesempatan memperoleh klik iklan bakal lebih besar.

Terbukti niche paling baik adalah niche yang Kamu sukai serta kuasai. Tetapi, Kamu juga bisa mengeksplore topik lain yang agak melebar serta berhubungan dengan niche mutlak blog Anda. Tidak hanya itu, niche dengan tidak sedikit keywords ABADI adalah opsi paling baik sebab bakal terus dicari tidak sedikit orang via search engine.

Beberapa niche yang menurut saya sangat potensial serta bisa Kamu tiru adalah:

Otomotif (contoh Indomoto.com)
Kuliner (contoh Banyumurti.net)
Traveling (contoh Ranselkecil.com)
Sosial serta Politik (contoh Seword.com)
Kesehatan (contoh Doktersehat.com)
Gadgetery (contoh Droidlime.com)
Teknologi (contoh Sefsed.com)

2. Membangun Blog Yang User serta SEO Friendly

Ok, Kamu bisa membikin website/ blog dengan desain yang luar biasa. Tapi apakah itu cukup? Pasti tidak. Bila kami ingin memperoleh hasil yang optimal dari Google Adsense, maka ada faktor penting yang wajib kami terapkan pada blog/ website  yang dibangun.

Selain desain website yang luar biasa, kecepatan loading sebuah website adalah faktor yang sangat berpengaruh. Terus cepat loading sebuah web, maka kesempatan untuk memperoleh earning gede dari Google Adsense juga bakal terus besar. Di postingan ini saya tidak mengulas faktor teknis mengenai tutorial mempercepat loading sebuah halaman website. Mungkin bakal dibahas di postingan lain.

Mengapa kami butuh memperhatikan kecepatan loading sebuah blog/ website? Dari segi pembaca, pasti mereka ingin bisa segera membaca konten yang ada di sebuah blog. Tidak ada orang yang suka berlama-lama menantikan loading sebuah website, bener kan? Sedangkan dari segi robot search engine, terus cepat proses loading sebuah website bakal menolong robot search engine untuk menjelajah serta membikinnya rajin ‘bermain-main’ di halaman website Anda.

Persoalan kecepatan loading ini sering dipengaruhi oleh faktor internal serta eksternal website, umpama:

Thema sebuah website, baik itu platform WordPress ataupun platform Blogger
Nilai hosting, ini biasanya terjadi pada website yang memakai hosting sendiri
Pemakaian software yang berlebihan, biasanya terjadi pada pemakai WordPress
Pemakaian flash serta javascript
Koneksi internet Kamu berpersoalan
Dan lain-lain
Jangan memakai fitur yang terlalu tidak sedikit pada blog Anda, terutama para pemakai WordPress. Pemakaian plugins yang berlebihan bisa membikin proses loading blog Kamu menjadi lebih lama. Perhatikan juga pengaturan standar blog Anda, umpama pengaturan Title homepage, deskripsi, serta faktor lain yang mempengaruhi SEO.

3. Membangun Konten Pilar di Blog Anda

Anda pasti telah sering membaca/ mendengar tagline bahwa konten adalah ‘raja’ (content is king) serta sangat penting untuk memenangkan persaingan di Google serta juga memenangkan hati para pengunjung website Anda. Lalu apa itu konten pilar? Konten pilar ini adalah konten yang mempunyai kelebihan khusus dibandingkan dengan konten lain yang di website Anda.

Berikut ini adalah beberapa ciri konten pilar di sebuah website:

Konten pilar ini biasanya dibangun dengan riset yang lumayan mendalam
Konten yang dibangun dengan standar penulisan yang baik serta dioptimasi dari segi SEO
Konten yang keywordnya tidak sedikit dicari via Google
Konten yang topiknya evergreen, alias topik yang rutin dicari orang dalam masa waktu lama
Konten yang mengulas satu topik dengan penjelasan yang lumayan mendalam
Untuk membikin sebuah konten pilar, membutuhkan riset untuk mengumpulkan data yang lumayan untuk mendukung postingan tersebut. Intinya, membikin postingan pilar tidak mudah serta menghabiskan lumayan tidak sedikit waktu.

Kelebihan sebuah konten pilar adalah bisa mendatangkan tidak sedikit trafik dengan cara terus menerus, baik itu dari Google maupun dari media sosial. Kami tahu bahwa trafik adalah kunci berhasil bermain Google Adsense, terus tidak sedikit trafik maka kesempatan memperoleh earning bakal lebih besar.

Nah, apabila Kamu mempunyai beberapa konten pilar yang topiknya evergreen serta tidak sedikit dicari pemakai internet, maka potensi untuk memperoleh tidak sedikit trafik bakal terus besar dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, konten pilar biasanya bakal meningkatkan reputasi sebuah blog, baik itu reputasi di search engine maupun di segi pembaca blog Anda.

Itulah sebabnya kenapa kami membutuhkan beberapa konten pilar di dalam website yang dibangun. Jadi, mulai sekarang sebaiknya usahakan supaya website Kamu mempunyai beberapa konten pilar.

4. Menulis Konten Dengan Ciri Khas Sendiri

Beberapa waktu yang lalu seseorang yang mengaku blogger menghubungi saya via chat Facebook messenger, serta sedikit mengeluh mengenai trafik websitenya yang tidak kunjung bertambah. Seusai memperhatikan websitenya, nyatanya konten postingannya adalah salah satu biang persoalannya. Hampir semua postingannya ditulis dengan tutorial yang tidak benar.

Jadi, kawan blogger ini meng-copy postingan dari website lain lalu mengganti beberapa kalimat saja di tahap awal serta akhir paragraf. Sedangkan dibagian inti postingan dibiarkan sama persis semacam sumber konten postingan di website lain.


Belum beres hingga di situ, nyatanya si blogger ini juga mengambil sumber postingan dari website berbahasa Inggris serta memakai bantuan tools dari translate.google.com. Kamu tahu dong kalau memakai tools itu postingan bahasa Inggris yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia hasilnya bakal tidak enak dibaca, serta wajib di susun kembali. Entah kenapa kawan yang satu ini tidak meperbuatnya, dirinya hanya mempercayakan tools tanpa mengeditnya.

Menurut saya, tutorial paling baik dalam membikin postingan adalah dengan menulisnya dengan tutorial kami sendiri. Ok, kami terinspirasi dari postingan website orang lain, tapi kami bisa menulis ulang postingan tersebut dengan kata-kata sendiri jadi kontennya lebih unik serta enak dibaca.

Tidak sedikit orang yang menggap dirinya tidak bisa menulis, padahal belum mencoba dengan maksimal. Menulis postingan itu bukanlah faktor yang sangat kompleks sebab bisa dipelajari serta dilatih. Terus sering Kamu berlatih menulis, terus keren postingan yang bisa Kamu buat. Itu fakta.

Mungkin 3 website ini bisa jadi contoh dalam membikin postingan yang unik serta luar biasa:

PanduanIM.com (niche internet marketing)
Mojok.co (niche sosial & politik)
Malesbanget.com (niche Entertaintment)
5. Menerapkan SEO Dalam Setiap Postingan Anda

Poin mengenai SEO ini sebetulnya lebih tepat untuk para blogger tingkat lanjut, bukan newbie. Tapi di sini saya hanya bakal akan menyatakan sedikit saja trik SEO untuk optimasi konten postingan.

Setiap postingan serta image di dalam blog/ website Kamu sewajibnya mempunyai makna, serta kalau memungkinkan setiap konten di blog Kamu juga bisa “menginspirasi” orang lain. Supaya bisa berhasil “bermain” Google Adsense kuncinya adalah trafik blog yang tidak sedikit, serta salah satu tutorial untuk memperoleh trafik yang tidak sedikit adalah via search engine, terutama Google.

Lalu bagaimana tutorial memperoleh trafik dari Google?

Anda bisa menerapkan serta mengoptimasi setiap kata kunci yang tidak sedikit dicari orang via Google ke dalam konten yang dibangun di blog/ website Anda. Untuk memperoleh kata kunci tersebut pastinya kami butuh sedikit meperbuat riset lalu menerapkan kata kunci tersebut di dalam postingan.

Penempatan kata kunci ini bisa diterapkan di:

Judul postingan, ini sangat berpengaruh pada ranking sebuah website di Google. Kami bisa meletakkan kata kunci mutlak dibagian judul konten
Deskripsi postingan, khusus bagi para pemakai WordPress kami bisa mengoptimasi tahap deskripsi dengan meningkatkankan kata kunci turunan. Pastinya dengan perlakuan yang sewajarnya supaya tetap enak dibaca
Pada awal paragraf, akhir paragraf, serta tahap tengah postingan
Pada penamaan serta alt image/ foto
Optimasi konten dari segi SEO terbukti terlihat ribet, tapi terbukti begitulah adanya. Bila tidak ingin repot dalam faktor penempatan kata kunci di semua posisi yang disebutkan, setidaknya Kamu menempatkan kata kunci yang Kamu bidik di tahap judul serta di dalam postingan Anda.


6. Penempatan Iklan Google Adsense Yang Lebih Optimal

Penempatan iklan Google Adsense ini terbukti agak sedikit tricky. Sebagian orang berasumsi bahwa terus tidak sedikit iklan maka terus besar penghasilan dari Google Adsense, jadi mereka memasang iklan Adsense semaksimal mungkin (3 link unit, 3 ad unit).

Menurut saya, kami tidak butuh memasang semua iklan yang diperbolehkan oleh Google Adsense. Untuk blog saya sendiri memakai 1 unit links serta 3 ads unit. Posisi iklan berada dibagian sidebar, tahap tengah postingan, serta akhir postingan.

Saya tidak menyarankan untuk memasang iklan Google Adsense di tahap atas konten (above the fold). Kenapa? Sebab menurut saya posisi ini tidak lebih keren untuk PPC. Tidak hanya riskan terklik dengan cara tidak sengaja oleh pengunjung, pada tidak sedikit permasalahan, iklan di tahap atas sering dilalui begitu saja oleh pengunjung website Anda.

Berdasarkan pengalaman saya penempatan iklan Google Adsense yang paling baik adalah sebagai berikut;

Dibagian tengah postingan (link units/ ad unit -responsive)
Dibagian bawah postingan (ad unit – responsive)
Dibagian sidebar atas (ad unit – responsive)
Mesikipun begitu, ada juga beberapa kawan publisher Adsense yang berbicara bahwa posisi above the fold adalah posisi paling baik untuk memperoleh klik iklan. Ya, itu kembali pada pengalaman masing-masing orang. Itulah sebabnya saya sebutkan bahwa menemukan posisi iklan Google Adsense paling baik agak tricky, wajib ada beberapa kali percobaan untuk menemukan posisi yang paling pas.

7. Kegunaaankan Social Media Dengan Baik

Sekarang ini jamannya media sosial. Jangan hingga melupakan sosial media untuk mempromosikan konten blog Anda. Apabila hingga sekarang konten blog Kamu belum sempat dipromosikan via media sosial, berarti Kamu telah kehilangan tidak sedikit sekali potensi trafik dari sana.

Setiap konten yang Kamu promosikan di media sosial, berkesempatan untuk memperoleh trafik. Trafik itu bisa berasal dari Fan Page ataupun dari profil pribadi Anda, tergantung di mana promosi yang Kamu perbuat. Beberapa kriteria konten yang bisa menghasilkan tidak sedikit trafik dari media sosial (terutama Facebook) adalah:

Konten yang menginspirasi
Konten yang membikin penasaran
Konten mengajak pro serta kontra
Konten yang bisa menggugah emosi (marah, kecewa, tersanjung)
Tidak sedikit publisher Adsense yang memaksimalkan Facebook untuk meningkatkan trafik ke website mereka. Biasanya mereka memakai Facebook Ads (iklan Facebook), yaitu dengan mengiklankan konten blog mereka di Facebook jadi mendapat perhatian lebih tidak sedikit lagi dari para pemakai Facebook.

Sayangnya, sering juga publisher yang mekegunaaankan Facebook Ads untuk mempromosikan konten-konten HOAX di blog mereka untuk mendulang lebih tidak sedikit trafik. Mudah-mudahan Kamu tidak berniat untuk meniru mereka.

8. Manage serta Scale Up Website Anda

Tidak semua publisher bisa berhasil serta menghasilkan uang dari Google Adsense, ini fakta. Ini sebab sebagian dari kami tidak mempunyai jiwa pebisnis. Tidak sedikit dari kami mau hasil yang instan serta tidak mau sabar menjalani proses belajar yang benar.

Saya wajib terus terang, tidak sedikit publisher yang berasumsi bahwa Google Adsense bukanlah tutorial menghasilkan uang yang bisa berawet serta bukan sebuah bisnis. Tapi faktanya, tidak sedikit orang yang bisa menghasilkan puluhan juta hingga ratusan juta perbulan dari website mereka. Ini bukan khayalan serta bukan bualan semata lho ya.

Tidak sedikit juga publisher yang tadinya telah lumayan berhasil, nyatanya beres dengan pengalaman pahit – kalau tidak mau disebut pengalaman tragis – sebab tidak bisa meningkatkan kemampuan websitenya dengan baik. Terbukti lumayan tidak sedikit publisher yang mengalami persoalan, umpama; akun Adsense banned, website deindex, website kena malware, serta persoalan lainnya. Sebetulnya ini bisa diantisipasi.

Apabila sekarang Kamu punya blog yang tetap ‘unyu-unyu’, pastinya Kamu butuh belajar serta berusaha untuk membikin website Kamu lebih terkenal. Tapi bagaimana bila website Kamu telah lumayan terkenal? Apakah merasa telah lumayan serta tidak butuh lagi meperbuat sesuatu?

Pemilik website yang telah lumayan terkenal wajibnya punya inovasi baru untuk terus meningkatkan kemampuan website mereka. Belajar dari beberapa website yang telah lumayan terkenal, inilah beberapa inovasi yang bisa kami perbuat:

Promosi website lebih intens (via sosmed, guest post, SEO, Infographic, video YouTube, serta lain-lain)
Optimasi website (memperbaiki layout web, mobile friendly, loading cepat)
Membikin software website apabila diperlukan
Meningkatkan penulis konten
Meningkatkan mutu konten
Membangun komunitas di media sosial
Dan lain sebagainya.
Kesimpulan:

Dari pemaparan yang disampaikan dalam postingan ini mungkin pekerjaan yang wajib diperbuat terlihat tidak sedikit. Sebetulnya itu hanya di permukaan saja, tetap ada tidak sedikit pekerjaan ‘printilan’ lainnya. Tapi pastinya kami tidak wajib meperbuatnya semua sekaligus.

Bagi Kamu yang berjiwa entrepreneur, jadikanlah blog Kamu sebagai investasi jangka panjang. Tetaplah meperbuat pembetulan-pembetulan serta optimasi website Kamu di beberapa lini. Mesikipun sekarang blog Kamu tetap ‘unyu’, bukan tidak mungkin sebuahsaat menjadi sebuah blog yang terkenal serta tidak sedikit pengunjungnya.

Demikianlah trik mengoptimasi blog/ website untuk pemain Google Adsense pemula. Semoga postingan ini berguna.
sumber www.maxmanroe.com

0 Response to "Trik Mengoptimasi Blog/ Situs Untuk Pemain Google Adsense Pemula"

Post a Comment

loading...