Bahaya,Hindari isi daya smartphone di tempat Umum

Pemakai device tentu merasa gelisah dan tidak tenang saat baterai handphone telah tiris. Ya, tidak bisa dimungkiri bahwa kami mulai bergantung pada device, dari mulai untuk pesan transportasi online sampai aktivitas sehari-hari.

Bila faktor itu menimpa kamu, faktor pertama yang ingin kalian perbuat saat menonton stasiun pengisian daya di tempat umum pastilah mengisi daya handphone.
Bahaya,Hindari isi daya smartphone di tempat Umum

Meski begitu, laporan CNN Money seperti di kutip Musannahatta.com menunjukan bahwa keenjoyan dengan adanya stasiun pengisian daya di tempat umum rupanya bisa merilis bahaya tersendiri.

Bahaya apa? Tanpa disadari, seorang hacker bisa saja memperoleh info dari device yang sedang di-charge memakai stasiun pengisian daya yang disediakan di tempat.

"Hanya dengan mencolokkan handphone ke stasiun pengisian yang telah 'dikerjai', perangkat kalian sehingga terinfeksi dan semua data di dalamnya bisa diretas," kata Drew Paik, seorang pakar keamanan dari Authentic8.

Authentic8 sendiri adalah pembesut Silo, suatu  peramban aman yang tetap merahasiakan seluruh aktivitas pemakainya selagi berselancar di internet.

Nah, stasiun pengisian daya dan jalan masuk Wi-Fi yang ada di tempat umum, semacam bandara, pesawat, taman, dan ruang pertemuan tidak terjamin keamanan dan juga berisiko. Bahkan, berbagai pihak tidak bertanggung jawab bisa memperoleh seluruh data yang ada di device.

Hal ini bisa diperbuat melewati kabel data yang kalian pakai untuk mengisi daya device, yang juga bisa digunakan untuk mengirimkan data dari handphone ke perangkat lainnya. Umpama saja, saat kalian mencolokkan iPhone ke Mac dengan kabel data, kalian bisa memindahkan gambar dari device ke komputer alias sebaliknya.

Menurut Paik, apabila port yang digunakan untuk mengisi daya telah diretas, jumlah info yang mungkin didapatkan hacker pun tidak terbatas. Mulai dari email, SMS, gambar sampai kontak.

Teknik tersebut dinamakan juice jacking, suatu  istilah yang diciptakan para peneliti pada 2011. Tahun lalu, para peneliti Authentic8 menunjukkan proses 'video jacking' memakai port yang telah diretas dan video capture untuk merekam semua yang dilihat dan diketik dengan handphone tersebut.

Tanpa tahu risiko yang mungkin ditimbulkan, pemakai device tetap tidak jarang mengisi daya dengan port di tempat umum. Bahkan dalam ajang konferensi keamanan terkemuka sekali pun.

Dalam konferensi keamanan RSA di San Francisco, Authentic8 mengatur suatu  stasiun pengisian daya di booth mereka dan memperkenalkan kabel bagi orang yang ingin mengisi daya handphonenya.

Perusahaan menjalankan eksperimen untuk menonton, seberapa tidak sedikit orang yang memakai stasiun pengisian daya di tempat umum. Paik berkata, 80 persen peserta mengisi daya tanpa bertanya tentang keamanan.

"Mayoritas tidak memperpersoalankan mengisi daya di tempat umum. Sebab berada di konferensi keamanan, wajibnya mereka lebih waspada, tapi mereka lebih  merasa aman-aman saja," kata Paik.

Alih-alih memakai outlet pengisian daya yang ada di tempat umum, lebih baik apabila kalian mengangkat powerbank sendiri.

Kamu juga bisa mengangkat kabel data yang hanya bisa digunakan untuk mengisi daya, bukan memindahkan file dan data. Pastinya faktor ini diperbuat untuk menghindari orang tidak dikenal mencuri data dari device kamu.

"Kalau kalian peduli dengan keamanan, betapa baiknya untuk tidak memakai stasiun pengisian daya," tutup Paik.

0 Response to "Bahaya,Hindari isi daya smartphone di tempat Umum"

Post a Comment

loading...