4 Trik supaya Si Kecil Tidak Kecanduan Gadget

Untuk anak usia dua tahun ke atas, waktu pemakaian gadget yang direkomendasikan hanya satu hingga dua jam sehari. Sayangnya, dalam keseharian mudah ditemui anak yang menghabiskan tidak sedikit waktu dengan gadgetnya.

Padahal, belum pasti apa yang didapat anak dari gadgetnya sangatlah berguna untuk dia. Untuk itu, ahli perkembangan anak Dr Kristy Goodwin berbicara membangun hubungan sehat antara anak serta gadget butuh diperbuat.

"Anak-anak tidak jarang melampaui performa teknis orang tua. Bahkan mereka telah belajar menyadap, menggesek, serta mengoperasikan gadgetnya sebelum belajar memegang pensil, naik sepeda, serta mengikat tali sepatu," tutur Goodwin, dikutip dari Essential Baby.

Sebab tekonolgi terus maju, tidak ayal situasi itu pun memunculkan dilema di mana orang tua mesti memperbarui keterampilan mereka supaya tidak ketinggalan dengan sang anak. Demikian disampaikan Goodwin.

Bermain gadget dikatakan Goodwin tidak rutin mengangkat akibat kurang baik. Asal dipakai dengan cocok serta sesuai usia anak, gadget dapat berguna. Di antaranya sebagai media belajar interaktif, sarana mengasah kreativitas, serta memberi dukungan untuk anak yang mempunyai kebutuhan pembelajaran tidak sama.

Untuk itu, ada berbagai faktor yang butuh diperbuat orang tua supaya si kecil tidak kecanduan gadget, semacam diungkapkan Goodwin, berikut ini:

1. Buat batasan waktu

Goodwin rutin mendorong orang tua untuk tegas menerapkan batasan waktu, apabila ayah serta bunda ingin membentuk kebiasaan sehat dalam memakai teknologi pada anak. Apabila hanya dengan ucapan batasan waktu susah diterapkan saat anak bermain gadget, Goodwin menyarankan gunakan software jam yang dapat membatasi pemakaian gadget. Ketika waktu bermain gadget habis, gawai itu bakal terkunci serta baru dapat dipakai lagi di waktu berikutnya.

2. Jauhkan gadget di waktu-waktu tertentu

Goodwin mengusulkan untuk menjauhi gadget di waktu tertentu. Khususnya saat waktu tidur siang serta tidur malam, paparan cahaya biru dari gadget justru dapat menghambat produksi melatonin tubuh. Akibatnya, anak serta orang tuanya sehingga susah tidur.

"Dalam penerapan aturan membatasi gadget, contoh dari orang tua amat penting," ucap Goodwin.

3. Perperbuat gadget dengan benar

"Hindari memakai gadget sebagai imbalan alias suap. Sebab, kami ingin anak-anak menonton teknologi sebagai alat, bukan mainan. Ketika gagdet dipakai sesuai manfaatnya, bukan sebagai hadiah, anak lebih mungkin membikin hubungan yang sehat dengan teknologi," papar Goodwin.

4. Jangan lupa perbuat kegiatan outdoor

Goodwin menekankan pentingnya menyeimbangkan waktu bermain gadget dengan waktu meperbuat permainan real. Menurut Goodwin, bermain dengan cara tidak terstruktur di luar ruangan, bergerak, serta mengeksplorasi lingkungan kurang lebih penting untuk perkembangan anak-anak yang sehat.
Sumber 
inet.detik.com

0 Response to "4 Trik supaya Si Kecil Tidak Kecanduan Gadget"

Post a Comment

loading...